Samsung Minta iPad & iPhone Dicekal

Saling serang antara Samsung dan Apple masih saja berlanjut. Kali ini giliran Samsung meminta lembaga International Trade Commision melarang impor sebagian besar produk Apple ke Amerika Serikat.

Seperti diketahui, sebagian besar produk Apple dari iPod, iPad sampai iPhone diproduksi di China. Nah, Samsung meminta agar produk-produk ini tidak diizinkan untuk memasuki pasar AS.

Alasannya, Apple dinilai melanggar 5 paten Samsung. Seperti detikINET kutip dari AFP, Kamis (30/6/2011), paten dimaksud terkait dengan komunikasi nirkabel dan interface perangkat mobile.

"Komplain ini meminta dilarangnya semua produk Apple masuk Amerika Serikat karena melanggar paten itu. Samsung secara aktif mempertahankan properti intelektual," demikian klaim Samsung. Belum ada tanggapan dari ITC mengenai komplain ini.

Seperti diketahui, kasus itu berawal kala Apple menyeret Samsung ke pengadilan California. Apple menuding Samsung meniru mentah-mentah produk Apple dalam lini produk ponsel dan komputer tablet Galaxy.

Samsung kemudian menggugat balik Apple. Mereka menilai, Apple juga melanggar serangkaian paten teknologi miliknya.

Meski saling gugat di pengadilan, kedua perusahaan memiliki hubungan bisnis kuat. Apple adalah salah satu klien komponen buatan Samsung yang terbesar. Mereka menyumbang 4% dari toal pendapatan Samsung di 2010 yang bernilai USD 142 miliar.



detikinet