XL Uji Jaringan dari Sumatera Sampai Makassar

TEMPO InteraktifJakarta - Menjelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, operator selular XL melakukan uji kesiapan jaringan di Pulau Sumatera sampai Makassar. "Drive test ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafik," kata Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi, sebelum melepas tim uji jaringan di Stasiun Gambir Jakarta, Jumat, 22 Juli 2011.
Uji sinyal ini dilakukan di 15 wilayah, meliputi Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Solo, LampungMedan,PalembangPekanbaruPadangBanjarmasinBaliLombok, dan Makasar dengan menggunakan kendaraan bermotor, kereta api, dan kapal ferry. Pengukuran kekuatan sinyal dilakukan pada layanan 2G dan 3G, mulai dari voice call, video call, sms, dan data berupa Internet dan BlackBerry.
Setiap harinya XL melayani trafik percakapan hingga 530 juta menit, 630 juta SMS, dan trafik data sebesar 33 Terabita. Hasnul memperkirakan selama Ramadan dan Lebaran nanti akan terjadi lonjakan trafik sampai 30 persen dari trafik normal. "Oleh karena itu, kami meningkatkan kapasitas jaringan sampai dua kali lipat," katanya.
Sementara itu, jumlah Base Transceiver Station (BTS) XL sebanyak 24 ribu yang terdiri dari BTS 2G dan 3G. Ada pula jaringan fiber optic di sepanjang Pulau Jawa dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut ke Pulau Sumatera, Batam, Kalimantan, dan Sulawesi.
Untuk layanan BlackBerry, saat ini XL melayani 1,2 juta pelanggan dan meningkatkan kapasitas bandwidth BlackBerry secara langsung ke RIM dari 1,6 Gbps menjadi 2 Gbps.