XL Sediakan Wifi di Kereta Api Eksekutif


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--XL Axiata akan menyediakan akses wireles fidelity (wifi) di kereta api. Tahap awal layanan ini akan disediakan di KA Argo Bromo Anggrek New Image, disusul dengan kereta api eksekutif lain termasuk komuter di Jabodebatek.
Selain Wifi, XL juga akan menyediakan layanan telepon umum gratis (TUG) di sejumlah stasiun kereta api. Peresmian kerja sama antara XL dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dilakukan di Stasiun Gambir, Jakarta , Jumat (22/7) oleh Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi dan Direktur Komersial PT KAI Wimbo Hardjito serta Direktur Commerce XL Nicanor N Santiago.
Melalui kerja sama ini diharapkan baik XL maupun PT KAI mampu meningkatkan pelayanan kepada pelanggan masing-masing. Sekaligus memberikan kemudahan masyarakat dalam memanfaatkan layanan telekomunikasi dan data.
''Kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang menjadi favorit masyarakat saat ini yang mampu melayani jutaan penumpang setiap tahun, apalagi pada saat Idul Fitri,'' kata Hasnul. Ia berharap layanan telekomunikasi yang disediakan akan memberi manfaat bagi pelanggan maupun masyarakat. ''Kami berharap ke depan semakin banyak manfaat positif yang bisa digali dari seluler untuk berbagai keperluan masyarakat,'' ujar Hasnul.
XL dan PT KAI telah lama menjalin kerja sama. Pada kerja sama kali ini, XL akan menyediakan layanan wifi di KA Argo Bromo Anggrek New Image yang akan dioperasikan Agustus mendatang, menyediakan jaringan seluler yang semakin berkualitas di gerbong dan stasiun KA. XL juga akan menyediakan layanan telepon umum gratis di enam stasiun yakni Gambir (Jakarta), Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta.
Ihwal layanan Wifi sendiri Senior VP Service Management XL, Ongky Kurniawan menyebutkan masih dalam tahap trial. " Belum ada pembicaraan mengenai tarif. Tahap awal kami menyediakan dulu fasilitas wifi di KAI agar bisa dinikmati pelanggan XL yang tengah menumpang kereta,'' kata Ongky.
Layanan Wifi sendiri disebutnya akan diperluas pada kereta api eksekutif lain. '' Kami berencana menyediakan fasilitas serupa di KA Argo,'' kata Ongky. Tidak tertutup kemungkinan layanan serupa dikembangkan di kereta komuter Jabodetabek.
Untuk layanan Wifi, XL akan memasang repetear pada setiap gerbong. Ada sekitar dua repetear di pasang  di masing-masing gerbong. Setiap repetear memiliki kapasitas (konkuren) sekitar 30 call.