Fungsi Utama Smartphone?


INILAH.COM, Jakarta - Apa fungsi smartphone? Ternyata sebagian besar pemilik smartphone memakai ponselnya bukan untuk menelepon.

Fungsi dasar ponsel adalah untuk menelepon atau menerima telepon. Tapi ponsel pintar atau smartphone tidak berfungsi sama seperti ponsel umumnya.

Diberitakan oleh Techland, sebuah survey yang dilakukan perusahaan komunikasi CloudTalk menunjukkan, menelepon adalah aktivitas nomor empat dari aktivitas lain yang biasa dilakukan orang dengan smartphone-nya.

Tiga aktivitas yang lebih banyak dilakukan adalah mengirim SMS, mengirim email, dan tentu saja chatting di situs jejaring sosial.

Survei warga Amerika Serikat itu menunjukkan hanya 43% orang yang menggunakan smartphone untuk menelepon. Sembilan dari 10 responden lebih memilih kirim SMS ketimbang telepon. Alasannya, menelepon dianggap sebagai kegiatan yang boros waktu atau mengganggu.

CEO CloudTalk, David Hayden melihat kecenderungan, ".. orang-orang senang bercakap-cakap dengan cara yang tidak membutuhkan perhatian segera (seperti misalnya dengan SMS). Kita bisa merespon berdasarkan waktu yang kita punya, dan melihat kembali isi percakapan itu.” [mor]