Nokia Akan Dukung Symbian Sampai 2016

Sejak Nokia mengalihkan platform smartphone-nya dari Symbian ke Windows Phone banyak pro dan kontra terjadi. Paling kentara di sisi komunitas Symbian, dimana mereka belum jelas bagaimana nasib platform tersebut untuk kedepannya. Apalagi, banyak rumor berkembang bahwa Nokia bakal tak lagi ‘mengurus’ Symbian, dimana akan fokus di Windows Phone.

Namun, tampaknya kekhawatiran para penikmat Symbian Nokia tersebut sedikit banyak terobati. Lewat sebuah wawancara khusus, CEO Nokia - Stephen Elop memberikan pernyataan menarik. Elop mengungkapkan bahwa nilai investasi di symbian akan terus berjalan, bahkan ketika  mereka beralih ke Windows Phone 7 sebagai platform smartphone barunya nanti. Dan, pembaharuan (update) software untuk Symbian akan terus diwujudkan dan disediakan setidaknya hingga tahun 2016.

Berdasarkan informasi tersebut, maka bila pengguna membeli Nokia N8, setidaknya dia tahu sampai kapan pihak Nokia bakal terus mendukungnya. Dan, bila dihitung maka 2016 masih sekitar lima tahun dari sekarang, dimana pada saat itu pun Nokia sudah beralih ke Windows Phone 7, yang seperti kabar beredar produknya bakal hadir tahun 2012 mendatang.
Untuk melihat wawancara yang lebih jelasnya mari kita simak video berikut